Tepat tanggal 28 Mei 2018, bertepatan dengan buka bersama Rumah Kreatif Jogja, Mesin waktu RKJ atau yang lebih dikenal dengan Time Capsule telah dibuka. Acara Pembukaan ini disaksikan oleh 65 orang yang terdiri dari pengelola dan UMKM binaan dan calon binaan Rumah Kreatif Jogja. Segel pertama sekali di buka oleh Anggota UMKM tertua RKJ yang berusia 63 tahun, Iswanto, pemilik usaha sepatu dengan brand Oriniki

Pembukaan Program Time capsule yang di gagas oleh Bio Hadikesuma Management Training & Consulting satu tahun lalu berjalan dengan meriah. “Dari 35 Peserta time capsule tahun lalu, hanya 7 orang yang masih bertahan (2 orang dari 1 brand yang sama) dan malam ini kita semua akan menjadi saksi bukti dari komitmen mereka yang masih bersama RKJ dan kita akan melihat hasilnya seperti apa” kata Bio Hadikesuma, Program Director Rumah Kreatif Jogja.

Acara dimulai dengan pembukaan segel dan dilanjutkan dengan pembacaan isi time capsule dari peserta yang tersisa. Hampir semua peserta lupa dengan isi time capsule dan ketika pembacaan dilakukan berikut hasilnya :

  1. Iswanto, Progress Oriniki dalam mencapai target yang di tulis setahun lalu sebesar 300%
  2. Susi Harini, Progress AADS dalam mencapai target yang di tulis setahun lalu sebesar 70%
  3. Ery Seprizal, Progress Namu dalam mencapai target yang di tulis setahun lalu sebesar 1.000%
  4. Adrian Leo, Progress Local Box dalam mencapai target yang di tulis setahun lalu sebesar 60%
  5. Wahyunani, Progress Rose Pudding dalam mencapai target yang di tulis setahun lalu sebesar 80%
  6. Munir, Progress DAB Creative dalam mencapai target yang di tulis setahun lalu sebesar 40%

“Pencapaian yang sudah di  capai oleh teman-teman tadi, adalah bukti komitmen mereka bersama RKJ. Kami tidak memberikan janji, kami memberikan pendampingan dan teman-teman bisa dengar sendiri dari hasil pembacaan tersebut. Kedepan, kami harap, kita tetap bisa bertemu kembali saat time capsule 2018 di buka” Kata Hanitianto Joedo, selaku Direktur Rumah Kreatif Jogja setelah masing-masing peserta Time Capsule 2017 membacakan impian tahun lalu dan hasilnya di tahun ini.

Kegiatan buka bersama ini semakin meriah ketika diakhiri dengan pembuatan time capsule dari UMKM Anggota dan Calon Anggota Rumah Kreatif Jogja periode 2018 yang dimasukkan dalam sebuah bola dan di segel dengan tanda tangan seluruh peserta.

“Ini luar biasa, awalnya tidak percaya, tapi setelah bertanya langsung ke peserta, ini jelas bukan rekayasa dan saya belum pernah melihat program seperti ini sebelumnya, semoga tahun depan, saya bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari apa yang saya tulis”, ujar Hermana, pemilik Hermana Foot Wear, calon Anggota Rumah Kreatif Jogja.