Entah kali ke berapa, saya menerapkan permainan ini, dan selalu saja hasilnya menakjubkan dan selalu ada pelajaran baru yang di dapatkan. Sebagaimana yang sudah di ketahui oleh follower Instagram saya, di bulan Ramadhan ini, salah satu program andalan Bio Hadikesuma Management Training & Consulting yang di aplikasikan ke UMKM di Rumah Kreatif Jogja, program yang saya beri nama time capsule, telah di buka.

Sepanjang saya menjadi praktisi dunia pikiran sejak 2007 lalu, tidak ada satupun hasil dari time capsule yang mengecewakan. Apa itu time capsule ? Time capsule adalah sebuah program “Mesin Waktu” yang saya adopsi dari beberapa penelitian ahli alam bawah sadar di dunia. Program ini semacam permainan yang biasa saja bagi sebagian orang, tapi tidak bagi The Dreamers (orang-orang yang percaya pada mimpi).

Permainan Time Capsule adalah sebuah permainan dimana para peserta di minta membuat impian yang ingin di capai dalam 1 tahun kedepan. Idealnya dibuat untuk 5 tahun, tergantung pada kesepakatan saat permainan di mulai. Seluruh peserta diminta untuk menuliskan impiannya dan tulisan ini di simpan dalam sebuah tempat yang di segel dan baru akan di buka sesuai kesepakatan bersama.

Rumah Kreatif Jogja, di bulan MEI 2018 ini telah melakukan pembukaan “Mesin Waktu”. Satu tahun lalu, saya mengajak 35 orang UMKM binaan di Rumah Kreatif Jogja untuk ikut serta dalam permainan ini. Hanya 7 orang yang akhirnya masih terus ikut dalam pendampingan bisnis bersama saya hingga 2018. Hasil yang dicapai pun sungguh mencengangkan. Sebut saja Munir, Owner dari DAB Creative, sebuah usaha yang bergerak di bidang Design Multimedia, progres mencapai impian dari tulisan tahun lalu sebesar 40%. Adrian Leo, Owner dari sebuah usaha yang bergerak dalam bidang distribusi makanan dengan brand Local Box, mencapai impian dari tulisannya di tahun lalu sebesar 60%, Susi Harini, Owner dari AADS yang membuat Tempe dan Tepung mendoan, mencapai angka 70% dan disusul oleh Wahyunani, owner dari Rose Pudding, binaan RKJ yang bergerak di bidang pembuatan pudding dengan rasa dan ornamen buah, mencapai target sebesar 80% dari apa yang di tulis tahun lalu.

Hal yang tidak kalah mencengangkan adalah dari Binaan tertua RKJ, pria berusia 63 tahun, owner dari Oriniki, sebuah usaha yang bergerak di bidang pembuatan sepatu, mencapai target lebih dari apa yang di tulis dengan pencapaian 300%. Masih segar di ingatan saya, pria paruh baya ini saat awal bertemu masih menggunakan handphone poliphonik dan sehari setelah ketemu saya, mengganti handphone dengan smartphone dan baru bisa mengoperasikan whatsapp 3 bulan kemudian. Keinginannya untuk belajar dan membuang istilah “saya sudah tua” menjadi bukti bahwa keinginan dan komitme yang kuat akan membuat kita maju dan berkembang.

Satu lagi, yang sangat mencengangkan, sepasang suami istri, Ery dan Dira owner dari Namu Craft, sebuah usaha yang bergerak dalam optimalisasi limbah, mencapai target melebihi yang diharapkan, yakni sebesar 1.000% atau setara dengan 10x lipat.

Tidak ada satupun peserta yang ingat akan tulisannya dan baru tersadar ketika “Mesin Waktu” di buka. Pelajaran penting yang bisa di ambil adalah, biasakan hidup menggunakan target dan jangan pernah ragu menuliskan impian hidup. Kita tidak pernah tahu kapan impian itu bisa tercapai, yang kita tahu hanyalah bahwa alam bawah sadar akan menyimpan apapun keinginan dan target yang kita tulis dan cepat atau lambat, alam bawah sadar akan mengarahkan kita kepada apa yang sudah kita programkan.

Untuk teman-teman yang ingin memulai bermain “time capsule”, ini tips dari saya :

  1. Ambil sebuah kertas/buku
  2. Tuliskan Minimal 5 Impian untuk 1 sampe 5 tahun ke depan
  3. Pastikan impian tersebut menggunakan konsep SMART (Spesifik, Measureable, Achieveable, Realistic dan Time Based)
  4. Simpan, dan beri segel (kunci)
  5. Kemudian simpan di sebuah tempat dan jangan pernah di pegang atau di ganggu
  6. Nyalakan reminder di handphone untuk 1 tahun ke depan
  7. Jika sudah waktunya, buka lah
  8. Baca tulisan yang dulu pernah di buat dan ukur progressnya sudah berapa persen

Saya Bio Hadikesuma, terima kasih atas atensi teman-teman dalam membaca tulisan ini. Untuk diskusi lanjut, terkait bisnis dan alam bawah sadar, silahkan berkunjung ke Rumah Kreatif Jogja atau DM melalui IG Bio Hadikesuma

Alam Bawah Sadar, selalu Merekam !